...

Pentingnya Foto Produk Online untuk Bisnis Kamu

Hasil Foto Produk Online Sebuah Cerita

Fotografi produk atau foto produk online adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk meningkatkan daya tarik situs web atau bisnis. Gambar besar dan berkualitas tinggi dapat membantu pelanggan memvisualisasikan produk dengan lebih jelas.

Lalu, Apa sih pentingnya foto produk online untuk bisnis Anda? Berikut kami berikan ulasannya.

Pentingnya Fotografi Produk

1.   Menarik Pembeli

Dalam bisnis online, calon konsumen mau tidak mau akan menggunakan aplikasi, website marketplace atau situs e-commerce lainnya untuk menemukan produk yang mereka cari. Kemudian, tentunya mereka akan mencari produk dengan mengetikkan produk yang mereka cari, seperti “sepatu kets”

Calon konsumen kemudian akan melihat produk ini dengan melihat foto produk tersebut. membaca nama produk, harga. atau informasi lain di atas.

Selain itu, jika foto produk online menarik perhatian calon pembeli, mereka akan melihat harga dan detail produk dalam deskripsi. Sehingga hal ini akan mempengaruhi konsumen untuk membeli produk dari Anda.

Dalam studi psikologi, perilaku ini terjadi karena manusia pada umumnya adalah makhluk visual, informasi yang kita terima diproses lebih cepat melalui gambar, seperti foto dan video.

Jika fotografi produk Anda tidak menarik dan harga tidak sesuai dengan persepsi mereka tentang merek Anda, ucapkan selamat tinggal karena mereka akan segera membuang produk Anda di otak mereka.

2.   Membangun Identitas Brand

Gambar produk sangat penting untuk sebuah toko e-commerce karena memberikan kesan pada pembeli. Foto produk ini meningkatkan deskripsi produk sehingga menarik bagi pengunjung toko online. Pembeli tidak dapat menemukan produk dari toko online kami. Maka akan sulit bagi mereka untuk memilih produk yang paling cocok dan cocok. Sehingga mereka akan memilih untuk tidak membeli dari toko online Anda karena jumlah foto produk yang terbatas atau foto produk kami yang dicuri dari internet atau toko orang lain, yang tentunya merugikan identitas merek Anda.

3.   Meningkatkan Keputusan Pembeli

Seperti yang kita lihat di poin kedua, pembeli online selalu kesulitan membeli barang di online karena mereka tidak bisa memegang dan merasakan produk yang akan dibeli.

Menurut survey yang dilansir dari website Justuno, 93% pembeli di toko online mengatakan bahwa foto produk menjadi faktor penentu utama dalam penentuan pembelian. Hal ini dapat menjadi acuan kamu untuk memberikan foto produk yang sesuai, detail dan informatif untuk calon pembeli seperti warna, bahan dan desain. Didukung juga dengan kualitas fotografi yang baik, calon pembeli produk kita akan semakin yakin dengan brand produk kita. Jika calon pembeli sudah merasa yakin dengan brand produk kamu, peluang mereka untuk membeli produk yang kamu tawarkan akan sangat besar.

4. Meningkatkan Rate Penjualan

Tentunya semua calon pembeli akan lebih memilih penjual online yang memberikan gambar produk yang menarik, detail dan informatif. Bahkan mungkin mereka puas setelah menerima produk yang kita jual karena produk yang diterima sesuai dengan yang kita promosikan secara online, sehingga secara tidak langsung mereka membantu kita. Mereka tidak akan ragu untuk mempromosikan produk kita kepada teman, keluarga atau rekan kerja mereka. Ini adalah pengalaman pelanggan yang didasarkan pada pengalaman pribadi mereka, pemasaran yang alami, jujur ​​​​dan efektif tentu saja untuk meningkatkan penjualan di masa depan.

5.   Royal Customer

Kepercayaan pelanggan kita biasanya akan timbul apabila pelanggan kita ini sudah pernah menggunakan barang atau jasa yang kita tawarkan. Kepercayaan pelanggan ini tidak diperoleh dengan gratis loh. Biasanya pelanggan yang loyal ini datang juga karena mendapatkan experience yang luar biasa. Menjaga kualitas barang dan layanan dengan baik adalah faktor kunci untuk bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

Dengan foto produk yang kualitasnya sama dengan produknya akan membuat pelanggan senang dan juga mendapatkan better experience dikarenakan ia telah memilih produk yang sesuai di online shop. Hal ini bisa banget bikin pelanggan kamu jadi loyal customer dikarenakan puas belanja di toko online shop kamu!

Itulah beberapa manfaat fotografi produk yang bisa Anda dapatkan untuk bisnis online Anda. Setelah mengetahui pentingnya foto produk, tentunya kami akan bergegas untuk menyewa fotografer produk kami, tetapi Anda juga dapat mengambil foto produk sendiri tanpa menggunakan jasa fotografer, untuk meminimalkan biaya Anda dan bisnis modal Anda.

Berikut adalah beberapa gaya fotografi produk berdasarkan teknik pengambilan gambarnya untuk memaksimalkan penjualan online.

Jenis Fotografi Produk

1.   Jenis Fotografi Produk Berdasarkan Hasilnya

Jika dilihat berdasarkan foto, fotografi produk dibagi menjadi beberapa kategori, antara lain:

a.   Gambar Foto Produk Individual

Fotografi produk individual adalah jenis fotografi produk yang berfokus pada pengambilan gambar menggunakan teknik pemotretan individu.

Dan ini adalah salah satu genre fotografi produk paling populer di mana item menjadi titik fokus dari foto yang diambil.

Metode ini memungkinkan fotografer produk untuk menyoroti fitur produk yang paling menonjol.

b.   Foto Grup

Tidak seperti foto individu, foto grup digunakan untuk memamerkan barang-barang milik lini produk yang sama. Terkadang jenis gambar ini juga digunakan untuk produk yang dikemas dalam jumlah yang berbeda.

Kegunaan: Menampilkan rangkaian produk yang tersedia, menampilkan aksesori secara visual.

Tip: Cobalah untuk mengatur produk Anda dalam berbagai bentuk, bukan hanya baris dan kolom, dan berkonsultasilah dengan teman orang lain.

c. Foto Mendetail

Jenis gambar ini sering digunakan dalam produk teknologi. Umumnya, gunakan close-up untuk menunjukkan bagian atau fitur tertentu dari suatu produk agar menonjol. Umumnya foto ini diletakkan di tepi foto, ketika disorot atau diklik akan muncul untuk menampilkan detail lebih jelas.

Kegunaan: Sebagai komunikasi visual detail dan kualitas produk.

Tip: Untuk membuat foto produk dengan detail yang baik, gunakan pencahayaan foto yang baik. Idealnya, sinar matahari harus cukup baik untuk digunakan sebagai penerangan.

d.   Foto Produk Lifestyle

Lifestyle photos atau foto produk gaya hidup adalah foto produk yang fokus menunjukkan dimana dan untuk apa produk tersebut akan digunakan.

Misalnya, jika Anda menjual pakaian pantai atau pakaian, Anda dapat memotret model yang memakainya di lokasi yang diinginkan.

Umpan fotografi produk yang unik ini akan membantu konsumen membayangkan diri mereka menggunakan suatu produk, meningkatkan peluang mereka untuk dibeli.

e.   Foto Produk Studio

Foto studio atau foto produk studio adalah foto produk yang elemen fotografinya diambil di dalam studio.

Misalnya, jika Anda menjual sepatu atau mungkin produk perawatan kulit, ini akan membuat foto menjadi lebih artistik.

Adapun bentuk dari foto itu sendiri bisa individu, kelompok, atau detail seperti yang dijelaskan di atas.

Demikian beberapa tips yang dapat kami berikan agar foto produk online bisnis Anda lebih maksimal. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat. 

Prev Pentingnya Foto Produk Makanan atau Food Photography
Next Foto Produk Skincare

Leave a comment

×
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.