Foto Produk di Jakarta dan sekitarnya
Mengutip dari laman resmi Coconut Photography, fotografi produk adalah metode fotografi produk. Hal ini dilakukan agar kita dapat menjelaskan bentuk fisik dan fungsi dari produk itu sendiri. Selain itu, juga akan membuat produk menarik dan laris. Apabila Anda sedang mencari referensi foto produk di Jakarta dan sekitarnya, yuk simak artikel berikut
Jika Anda menerapkan cara yang tepat dalam memotret pakaian yang ingin Anda jual, tampilan pakaian akan semakin cantik dan menarik. Untuk membuat pelanggan lebih suka membelinya. Selain itu, kualitas produk-produk ini juga tampaknya akan meningkat. Oleh karena itu, mengambil foto produk yang baik sangatlah penting.
Berikut merupakan contoh-contoh dari teknik atau ciri khas foto produk Jakarta yang wajib Anda ketahui:
- Single shot
Single shot adalah foto produk yang hanya menampilkan satu produk dalam satu frame. Biasanya foto ini digunakan dalam katalog produk, gambar banner, dan halaman produk untuk menunjukkan dengan jelas satu produk dari keseluruhan koleksi.
- Foto grup
Foto grup adalah bidikan produk yang menampilkan beberapa produk dalam satu bingkai. Jenis foto ini dapat digunakan untuk menunjukkan produk yang dikemas atau menunjukkan variasi produk. Misalnya, kemasan untuk produk kecantikan, minuman dengan rasa yang berbeda atau botol dengan ukuran yang berbeda.
- Lifestyle shot
Teknik lifestyle shot adalah jenis foto produk yang menunjukkan produk seperti yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran kepada calon pembeli akan seperti apa produk tersebut saat digunakan.
Biasanya foto produk ini menggunakan seorang model, misalnya produk fashion yang digunakan oleh model pria atau wanita. Anda juga dapat menggunakan fotografi komposisi datar, yang menempatkan produk pada permukaan datar dan menyediakan properti pendukung untuk membuat produk menarik. Misalnya menata makanan di piring.
- Scale shot
Saat berbelanja online, konsumen hanya bisa melihat foto produk tanpa mengetahui ukuran sebenarnya. Untuk memudahkan pembeli memperkirakan ukuran suatu produk, Anda dapat menggunakan rencana skala, yang berarti membandingkan produk dengan benda sehari-hari lainnya. Misalnya, ambil foto power bank di sebelah ponsel untuk menunjukkan bahwa power bank yang dijual tipis dan tidak terlalu besar.
- Detailed shot
Beberapa produk memiliki detail kecil yang sulit dilihat dengan foto produk normal. Oleh karena itu, Anda memerlukan rencana yang detail untuk menampilkan detail dari suatu produk. Misalnya berlian pada cincin, kalung atau perhiasan lainnya. Jenis foto produk ini membutuhkan pencahayaan dan pengaturan kamera yang sedikit berbeda. Misalnya, Anda perlu menggunakan lensa makro untuk dapat menangkap detail yang halus.
- Packaging shot
Selain produk, pembeli juga memperhatikan kemasan atau cara pengemasannya. Kemasan yang menarik juga dapat meyakinkan pembeli untuk membeli produk Anda. Oleh karena itu, ada juga jenis kemasan foto produk. Foto produk jenis ini menunjukkan produk dan kemasannya dalam bingkai yang sama. Apalagi anda sudah membuat kemasan atau packaging yang menarik, jika belum bisa anda sajikan untuk menarik lebih banyak pembeli?
Siapa pun yang ingin membeli pakaian harus juga karena pakaian memiliki nilai estetika, kan. Pemotretan produk pakaian tidak hanya dimaksudkan untuk mempresentasikan produk kepada calon pembeli, tetapi juga untuk menunjukkan nilai estetika dari pakaian tersebut. Jika dilihat nilai estetikanya, calon pembeli akan langsung tertarik untuk membeli produk pakaian tersebut.
Foto produk pakaian yang dibuat dengan baik tentu dapat menunjukkan sisi terbaik dari produk pakaian. Selain itu, informasi rinci tentang bahan dan karakteristik utama produk juga akan ditampilkan. Jika produk pakaian memiliki elemen desain, elemen ini juga akan terlihat. Konsep foto produk seperti ini tentunya tidak sembarangan. Membutuhkan beberapa pertimbangan dan analisis untuk setiap produk yang difoto.
Bagaimana cara menghasilkan foto produk pakaian yang baik? Simak beberapa tips berikut ini.
- Pelajari Teknik Flatlay
Teknik flatlay adalah salah satu teknik penataan gaya terbaik dan paling umum digunakan untuk sesi foto yang dapat dikenakan. Penataan ini mampu memberikan tingkat detail dan estetika yang baik pada foto karena akan memberikan kesan natural. Tata letak datar akan memberikan informasi tentang jenis produk produk ketika ditempatkan pada latar belakang datar, terutama jika tata letak foto juga dihiasi dengan properti yang sesuai dengan karakteristik produk.
- Gunakan Model atau Manekin Untuk Memberi Gambaran
Menyewa model profesional merupakan pilihan yang paling mahal. Apalagi memilih model yang salah justru akan berdampak buruk pada foto produk Anda. Namun dibalik semua itu, menggunakan model adalah cara yang paling efektif untuk membuat foto produk pakaian. Calon konsumen dapat melihat secara langsung bagaimana produk Anda digunakan, apa manfaatnya, dan di mana digunakan dalam satu foto. Apalagi jika Anda mengambil banyak foto sekaligus.
Model yang tepat juga akan meningkatkan estetika foto Anda. Jika model memiliki banyak kenalan atau pengikut di jejaring sosial. Model kasualnya akan membantu Anda memamerkan produk pakaian Anda di media sosialnya. Hal ini normal dan sangat menguntungkan bagi perusahaan.
Jika tidak ingin menggunakan model, sebaiknya gunakan manekin untuk fotografi produk pakaian. Model busana akan membantu membuat foto produk pakaian lebih realistis. Hal ini memungkinkan pembeli untuk melihat langsung. Setelah itu, pembeli akan mengetahui apakah produk pakaian tersebut cocok untuknya atau tidak. Menggunakan manekin cukup sederhana dan keunggulan utama yang disukai banyak pengusaha adalah biaya pengambilan gambar yang murah dibandingkan dengan menggunakan model.
- Manfaatkan Latar Polos Untuk Memusatkan Fokus Pelanggan
Foto produk pakaian yang indah dimaksudkan untuk menampilkan produk Anda secara akurat dan indah. Untuk mempercantik komposisi foto biasa, kita akan lebih nyaman jika mengandung properti tambahan. Cobalah saat memotret produk pakaian Anda menggunakan latar belakang yang sederhana agar produk pakaian nantinya lebih terlihat. Kebanyakan orang menggunakan latar belakang putih karena putih adalah warna netral. Selain itu, penggunaan cahaya juga sangat penting untuk membantu produk pakaian terlihat lebih cerah dan lebih eye-catching.
- Hindari Penggunaan Properti Terlalu Banyak
Foto produk pakaian yang indah dimaksudkan untuk menampilkan produk Anda secara akurat dan indah. Untuk mempercantik komposisi foto biasa, kita akan lebih nyaman jika mengandung properti tambahan. Misalnya seperti pot bunga, kursi antik, lemari, sofa, dll. Atribut ekstra seperti ini pasti akan mempercantik foto Anda. Namun ada satu hal yang perlu kita pahami dan telaah lebih dekat. Tujuan dari fotografi kami adalah untuk membuat gambar produk pakaian yang indah, bukan?
Foto yang mengandung terlalu banyak atribut benar-benar dapat mengubah tujuan utama. Bidikan produk Anda tidak lagi menampilkan produk sebagai subjek utama, terlalu banyak atribut lain yang benar-benar dapat mengalihkan perhatian pemirsa. Hal ini terutama berlaku untuk foto produk fesyen yang menggunakan model. Menggunakan terlalu banyak atribut sebenarnya dapat mengubah foto produk Anda menjadi potret studio foto. Bukan produk Anda yang menarik perhatian, melainkan model dan alat peraga fotografi yang menonjol. Kesalahan seperti ini sering terjadi akhir-akhir ini.
- Menggunakan Jasa Fotografi Studio Foto Profesional
Kita telah membahas teknik dan karakteristik foto produk yang baik untuk bisnis fashion Anda. Namun, sebagian besar di atas merupakan ilmu fotografi yang bisa dikatakan berada pada level mahir. Hal-hal ini mengharuskan Anda memiliki banyak pengalaman fotografi untuk dapat berlatih dengan baik. Jadi, daripada bersenang-senang dan menghabiskan banyak waktu untuk berlatih fotografi, menggunakan jasa profesional akan lebih menghemat waktu Anda.
Demikian tips untuk merencanakan hingga mengeksekusi foto produk anda dengan ciri khas foto produk di Jakarta dan sekitarnya. Sebuah Cerita siap siap menghasilkan karya foto terbaik untuk foto produk Anda, terutama untuk menarik pelanggan di daerah Jakarta dan sekitarnya.
Copyright 2020